Riset naratif merupakan laporan bersifat
narasi yang menceritakan urutan peristiwa secara terperinci. Dalam desain riset
naratif, peneliti menggambarkan kehidupan seseorang dengan mengumpulkan cerita
tentang kehidupan sesorang dan mendeskripsikannya dalam bentuk narasi
(Connelly&Clandinin, 1990). Riset naratif biasanya berfokus pada studi
seseorang atau individu tunggal dan bagaimana individu tersebut memberikan
makna terhadap pengalamannya melalui cerita-cerita yang disampaikan. Jadi,
pengumpulan data oleh peneliti dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan cerita
dari pengalaman individu kemudian membahas makna pengalaman itu bagi individu.
Riset naratif biasanya digunakan ketika
peneliti berkehendak atau berkeinginan untuk menceritakan cerita atau pengalaman
seseorang dan ingin melaporkan cerita mereka. McCarthey(1994) menyatakan bahwa
Riset naratif dapat ditulis dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk sastra
persuasif yang memiliki relevansi kuat dengan literatur yang tersedia. Dengan
melakukan riset naratif, peneliti harus membuat hubungan yang baik dengan
partisipan agar peneliti maupun partisipan merasa nyaman dengan proses
penelitian yang dilakukan.
Desain riset naratif baru ditinjau secara luas
dalam bidang pendidikan pada tahun 1990. Tokoh pendidikan
Clandinin&Connelly (1990) untuk pertama kalinya yang memberikan tinjauan
penelitian naratif dalam bidang pendidikan yaitu aplikasi penelitian naratif
dalam ilmu sosial, menguraikan proses pengum-pulan catatan-catatan naratif dan
mendiskusikan struktur atau kerangka penelitian dan penulisan laporan
penelitian naratif. Tren atau kecenderungan mempengaruhi perkembangan riset
naratif dalam bidang pendidikan meliputi: (1) Adanya peningkatan perhatian pada
refleksi guru, (2) Perhatian lebih ditekankan pada pengetahuan guru (apa yang
mereka tahu, bagaimana mereka berpikir, bagaimana mereka menjadi profesional,
dan bagaimana mereka membuat tindakan dalam kelas), (3) Peneliti mencoba
mengangkat cerita guru dan dilaporkan sebagai pengalaman mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar